Thursday, February 26, 2015

The Elder Scrolls : Skyrim Review

The Elder Scrolls : Skyrim

Ah, saya masih ingat game ini saat pertama kali dibeli di ITC, sebuah game yang saya tidak pernah dengar, tapi saya langsung beli tanpa banyak mikir saat pemilik toko bilang itu keluaran baru dan mempunyai beberapa fitur keren termasuk naga.


Setelah pulang dengan buru-buru. Saya dengan tidak sabar menginstall "Skyrim" di laptop saya. Setelah 50 menit penuh dengan "Error!", "Warning", dan yang paling ditakuti, "Blue Screen", saya berhasil menginstall-nya. Kemudian belum satu menit game-nya nge-crash, saya mulai mengalami "rage quit" dan akhirnya mengembalikan game-nya untuk dapat "refund".
Saya benci warna biru




Kemudian saya pikirkan solusi baru, "The Pirate Bay", website yang paling kucintai karena membawa kebahagiaan gratis bagi pembajak seperti saya (sekarang sudah berhenti membajak). Mencari file Skyrim, dan seperti yang kukira, saya berhasil install dalam 5 menit dan akhirnya dapat memulai gamenya. Saya tidak pernah merasa sebegitu bahagia saat menginstall game.
Markas pembajak jaman sekarang

Air mata, darah, dan keringat telah keluar demi game ini.


Setelah 3 tahun bermain dari tahun 2011, saya akhirnya mencapai level maksimal 81, mempunyai level 100 di semua "skill", dan mempunyai senjata dan pakaian paling bagus. Sebagai simbol kalau saya telah menjadi seorang penyendiri yang sedih, kesepian, dan malang sekali hidupnya. Selesai basa-basinya, inilah review saya.

Story
Mulai dari cerita, anda memainkan sebagai karakter yang anda buat, dengan ras yang bervariasi dan editor yang tidak terlalu detil tapi biasa saja. Ceritanya adalah anda ditangkap bersama sekelompok pemberontak berjenis "nord" (penghuni asli Skyrim) yang memberontak melawan ras "imperial" yaitu kerajaan yang bekerja sama dengan pemerintah Skyrim. Anda akan dikirim ke desa untuk menerima hukuman mati bersama mereka dan pemimpinnya, "Ulfric Stormcloak" setelah mengedit karakter anda, saatnya eksekusi dimulai. Untung sekali, saat anda akan dibunuh, antagonis game ini yaitu sebuah naga bernama Alduin datang menyerang. Anda kemudian kabur dan akhirnya belajar kalau anda adalah seorang "Dragonborn", manusia berjiwa naga yang mempunyai kekuatan suara naga (Thu'um). Anda sekarang akan memulai petualangan baru dan akhirnya membunuh Alduin.
Alduin
Pemenggalan

Jarl "Ulfric Stormcolak" dan prajuritnya

Pilihan ras, rasisme sudah pasti ada di game ini




Selain cerita utama, ada banyak sekali misi yang tidak sabar untuk dimulai di semua wilayah "Skyrim". Dari bergabung kelompok sepert "Thieves Guild","Companions",dan "Dark Brotherhood",
ke menjadi seorang murid dari kuliah sihir dan menyanyi. Banyak sekali side quest hingga anda lupa waktu saat memainkannya. Game ini mengizinkan anda untuk memilih cerita karakter anda sendiri, anda mau menjadi pahlawan, pencuri, bahkan pembunuh. Anda pilih jalan anda sendiri.




Gameplay
Menurut saya, mekanisme "combat" kelihatan seperti animasi game dari tahun 2005. Contoh, anda memakai pedang yang kuat melawan seorang bandit. Anda menyerang, tapi setelah menerima serangan itu bandit itu tidak mempunyai reaksi terhadap serangan itu sampai anda membunuhnya, ia langsung terbang seperti boneka saat memakai senjata terlalu kuat.


Sihir juga terlihat menarik kalau dipelajari. Kita ada beberapa tipe, dari "Destruction", "Illusion", "Restoration", "Conjuration", "Alteration", dan saya lupa yang lain. Yang saya bisa jelaskan adalah destruction untuk menyerang, illusion untuk ilusi, conjuration untuk memanggil bantuan, dan restoration untuk menyembuhkan. Dan yang lain saya tidak tahu karena saya tidak pernah pake.




Sekarang tentang senjata, anda bisa pilih beberapa jenis senjata dari pedang, kapak, belati, palu, kapak besar, pedang besar, dan panah. Anda bisa membuat senjata dari "workbench" atau mengambilnya dari mayat musuh yang anda curi.



Kemudian, "Skill", saat anda naik level, anda diberi satu poin untuk menambah talenta baru dari satu bakat spesifik. Karena terlalu banyak dan rumit untuk dijelasin, saya akan taruh screenshot skill tree di bawah. Anda bisa kembangkan skill anda dengan melakukan apa saja yang relevan dengan bakat tertentu, contoh, pakai pedang untuk bakat "One handed", buat pedang untuk "Smithing", dan membuat obat untuk "Alchemy". Dan yang lain tidak akan saya sebutkan karena ada 19 bakat.



Setelah itu, kita bicara dunia yang dibuat dalam game ini. Terdapat banyak kota utama dan desa untuk dijelajahi yang penuh dengan misi untuk dijalankan. Selain itu ada gua, makam, dan lokasi penting di dunia itu. Untuk mengetahui seberapa besar dan imersif Skyrim itu, akan saya post gambar peta di bawah.


Voice Acting
Akting jika anda tahu, adalah elemen krusial dalam game. Banyak game modern menggunakan "Motion Capture" untuk mendesain gerakan pemain dan karakter lain dengan bantuan aktor. Selain itu, ada akting suara untuk dialog dalam game. Banyak aktor dan aktris sekarang yang mau bekerja menyuarai dan memberi hidup pada pemain pada game. Salah satu yang terkenal adalah Troy Baker, Dikenal sebagai "Nathan Drake" di "Uncharted", "Joel" di "The Last of Us", dan "Delsin Rowe" di "inFamous Second Son". Dan sebaliknya untuk Skyrim, mereka hanya memakai seperti 7 aktor untuk membaca semua dialog, saat saya bermain game ini, saya selalu bingung kenapa semua karakter mempunyai beberapa jenis suara saja. Saya bingung, kenapa "Bethesda" tidak bisa mencari lebih banyak aktor daripada menyiksa pemain dengan suara yang sama.



Semua ini disuarai SATU orang saja


 Modding
Game ini terkenal karena adanya komunitas modding yang telah bertumbuh pesat dari keluarnya game ini. Ada banyak mod mulai dari mod grafis yang dapat memperindah Skyrim, seperti ENB, Vanilla dan yang lain. Ini contohnya.



Ada lagi modding yang agak terarah ke humor dan komedi, juga ada yang agak gila. Ini contohnya

Bukan itu saja mod yang ada, ada ribuan mulai dari rumah, bangunan, misi, dan senjata. Diantara game lain, ini adalah game yang paling terkenal untuk mod yang bevariasi dan unik.





Last Verdict
Walaupun banyak orang menikmatinya (termasuk saya), banyak website "reviewer" yang menilai game ini bagus, tapi banyak yang menyebutnya game "It's so bad it's good." karena betapa rata-rata kualitasnya tapi mempunyai fitur yang bagus. Karena adanya mod juga bisa mengganti grafik yang biasa saja ke yang lebih indah dan tajam kualitasnya. Saya akan beri nilai:
             
                                                                9,9999/10
Berikut review saya tentang "Skyrim", saya mau minta maaf jika ada yang kekurangan tentang pembahasan saya tentang game ini, karena saya memang masih amatiran dan kurang pengalaman. Terima kasih sudah membaca dan selamat mencoba (kalau mau).

Kendrick
           

                                                                  








No comments:

Post a Comment